Sabtu, 06 Juli 2013

Sistematika Pembuatan RPP

Dalam penulisan RPP, sistematika yang tepat meliputi:
A. Standar Kompetensi
     (lihat silabus terkait)
B. Kompetensi Dasar
     (lihat silabus terkait)
C. Indikator
     (Indikatior bisa dibuat oleh guru sendiri maupun melihat pada silabus)
D. Tujuan
     (Tujuan adalah pengembangan dari Indikator yang biasanya mengandung format ABCDE atau
      minimalnya ABCD.
     A [Audien yaitu siswa],
     B [Behavior yaitu perilakunya misalkan dapat menggolongkan hewan berdasarkan jenis 
          makanannya) 
     C [Condition/kondisi yaitu misalnya melalui pengamatan, melalui percobaan dll],
     D[Degree yaitu misalnya dengan tepat dll]
E. Metode
      (Metode yang akan dipakai dalam pelaksanaan pengajarannya)
F. Materi Ajar
       (yaitu materi pokoknya)
G. Langkah Kegiatan Pembelajaran
     (biasanya terdiri atas KEGIATAN PENDAHULUAN, KEGIATAN INTI [eksplorasai,elabirasi dan
     konfirmasi] dan KEGIATAN PENUTUP)
H. Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
        (yaitu  Media yang akan digunakannya, misalnya Gambar)
I. Penilaian
       (meliputi Bentuk Penilaian, Jenis Penilaian, Instrumen Penilaian)

LAMPIRAN

dalam lampiran memuat:
1. Media Pembelajaran
2. Bahan Ajar
3. Alat Evaluasi (seperti soal-soal, LKS atau Lembar observasi + pensekorannya)

1 komentar: