Sabtu, 06 Juli 2013

Pandangan Hadits Mengenai Alam Semesta


Pandangan Hadits mengenai Alam Semesta

Alam Semesta dalam Perspektif Islam
Perbandingan konsepsi fisika tentang penciptaan alam dengan ajaran Al-Qur’an dapat kita lihat dalam surat Al-Anbiya’ ayat 30 yang berbunyi:
” Dan tidaklah oarang-orang kafir itu mengetahui bahwa langit (ruang alam) dan bumi (materi alam) itu dahulu sesuatu yang padu, kemudian Kami pisahkan keduanya itu”. (Q.S. Al-Anbiya’ : 30). 

Allah SwT berfirman : “Jika bukan karena engkau (Muhammad) tidak akan Kuciptakan alam semesta ini” Hadits Qudsi. Nabi Saw sendiri pun diriwayatkan pernah mengatakan kepada sahabat Jabir bin Abdullah: ”Wahai Jabir! Sesungguhnya Allah SwT sebelum menciptakan segala sesuatu lebih dahulu menciptakan cahaya Nabimu (Muhammad) dari Nur Allah”.

Dalam hadits lain, diriwayatkan bahwa Imam Ali as berkata : 
Yang paling pertama Allah ciptakan adalah Nur kekasih-Nya, Muhammad Saw. 424.000 tahun kemudian barulah Dia menciptakan air, al-‘Arsy, al-Kursy, langit, bumi, al-Lauh (Mahfuzh), al-Qalam, surga, neraka, malaikat, Adam dan Hawa. Ketika Dia menciptakan Nur Nabi kita, Muhammad Saw, Dia meletakkannya di antara kedua tangan-Nya ‘Azza wa Jalla sementara ia (Nur Muhammad) menyampaikan puja puji, tasbih dan tahmid, kemudian Allah melihat kepadanya (Nur Muhammad) dan berkata kepadanya : ‘Wahai hamba-Ku, engkaulah obyek keinginan (al-murad), dan engkaulah orang yang menginginkan-Ku (al-murid), engkaulah sebaik-baik ciptaan. Demi Keperkasaan-Ku dan demi Keagungan-Ku, jika bukan karena engkau tidak Kuciptakan alam semesta ini. Karena itu, siapa pun yang engkau cintai, Akupun mencintainya dan siapa pun yang engkau benci Akupun membencinya. Nur itu pun menyala semakin terang, lalu Dia mengangkatnya sehingga cahayanya menyebar….”  

Hadits Salman Al-Faarisiy radhiyallahu 'anhu: oleh Ibnu 'Asaakir (571H) rahimahullah dalam kitabnya "Taariikh Dimasyq" 3/517-518: "Kalau bukan karena engkau wahai Muhammad maka Aku tidak akan menciptakan dunia".

2 komentar:

  1. Catering Prasmanan dapat menjadi luar biasa. Apakah perusahaan memesan Catering Prasmanan untuk rapat atau pasangan yang merencanakan pernikahan, selalu ada cara menghemat uang untuk Catering Prasmanan. Tetapi banyaknya pilihan Catering Prasmanan, sulit menentukan dari mana harus berhemat.
    Semua orang Setuju bahwa Catering Prasmanan dapat memberi kesan istimewa pada acara setiap orang. Anda pasti ingin tamu Anda dapat menikmati Catering Prasmanan yang Anda hidangkan.

    BalasHapus